Lorem ipsum dolor sit amet

BERAGAM OBJEK WISATA NTT

kuliner khas Alor NTT

Roy pazha

Alor adalah nama sebuah pulau yang terletak di bagian timur Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Namanya memang belum menggema seperti Raja Ampat, tapi para traveller terus memujinya. Konon, keindahan Alor tak kalah dari Kepulauan Karibia yang begitu tersohor. Bahkan sejumlah orang menyebut, Alor lebih megah dengan kekayaan budayanya. 

Tapi di sini Kotak Bumbu tidak akan membahas masalah keindahan alam dan budaya di pulau Alor melainkan untuk membahas dari sisi kulinernya. Yupe, karena selain menikmati keindahan alam dan budayanya, salah satu hal yang selalu dilakukan oleh para pelancong adalah berbelanja dan mencicipi kuliner daerah yang dikunjungi. Begitu juga di pulau Alor ini. Meski bukan di metropolitan, Anda tetap bisa berbelanja.

Di Kalabahi, ada Pasar Kadelang yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari. Ada juga oleh-oleh khas Alor yang bisa dibawa untuk buah tangan keluarga dan teman-teman. Selain berbelanja, Anda juga bisa menyaksikan interaksi masyarakat dari berbagai penjuru Alor, baik dari pegunungan maupun pesisir pantai. Juga mereka yang datang dari pulau lain. Menarik.

Makanan ringan yang wajib dibeli adalah kenari, jagung titi, dan kue rambut. Harganya murah, cukup Rp 50 ribu saja, Anda sudah bisa membawa sekardus berisi tiga makanan ringan tadi. Karena sudah sangat terkenal, makanan ini dijual di mana-mana. Namun jika Anda ingin mendapat harga yang lumayan murah, Anda harus pergi ke Pasar Kadelang.

Untuk makan siang, bisa mencicipi lodeh jantung pisang. Makanan ini terdiri dari bagian dalam jantung pisang kepok yang dipotong-potong dan dicampur bumbu kaldu yang nikmat. Atau Anda bisa menjajal ikan kuah asam yang lezat di Mama Resto. Lokasinya tak jauh dari Pasar Kadelang. Sambil menyantap hidangan, Anda akan dimanja dengan pemandangan laut dan gunung

0 komentar:

Posting Komentar